Search

 

Gambar : Gedung SPGN PACITAN sebelum menjadi SMKN 2 PACITAN



Sejarah panjang SMK Negeri 2 Pacitan bermula pada tahun 1958. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun itu, disebutkan tentang Pendirian Sekolah Guru 6 tahun (S.G.A) Negeri. Surat tertanda tanggal 5 Agustus 1959 itu mulai berlaku efektif pada 1 September 1959. Pada masa awal pendiriannya cikal bakal SMK Negeri 2 Pacitan ini masih berlokasi di Jalan Veteran No. 5 Pacitan.
Pada tanggal 2 Januari 1976, berdasarkan surat keputusan, pemerintah memutuskan untuk membuka kelas paralel (double shift) pada SPG di Jawa Timur.
Perpindahan lokasi sekolah yang saat itu masih bernama SPG dan masih berlokasi di Jalan Veteran nomor 5 mulai dilakukan dengan adanay surat penetapan pembangunan gedung baru yang berlokasi di Kelurahan Sidoharjo, yang sekarang beralamatkan di Jalan Walanda Maramis no 2. Perkembangan selanjutnya adalah diterimanya bukti kepemilikan atas lahan yang digunakan sebagai lokasi sekolah sebagai hak milik pada 2 Januari 1988.
Roda perubahan yang terjadi dengan alasan pemberian kesempatan untuk proses pembelajaran yang lebih luas, akhirnya SPG beralih fungsi menjadi SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Negeri Pacitan. Proses perubahah status ini tertuang dalam surat keputusan tertanggal 1 Juli 1991.
Dalam perkembangannya yang semula SMEA hanya memiliki 3 jurusan dibidang Manajemen yaitu Akuntansi, Sekretaris dan Penjualan, pada tahun ajaran 2002/2003 membuka jurusan baru yaitu Budidaya Ikan Air Tawar.
Sistem pendidikan yang semakin maju menuntut setiap pelaku dibidan pendidikan untuk melakukan pembenahan, SMK Negeri 2 Pacitan sendiri melakukan perubahan signifikan dengan membuat sistem yang berlaku secara internasional untuk diterapkan di SMK Negeri 2 Pacitan, proses perubahan ini ditandai dengan diterimanya sertifikat penjamin mutu, ISO 9001:2000 dari PT TUV Jerman yang diterima pada tanggal 14 Mei 2008.
Selain perkembangan sarana penunjang pendidikan, area sekolah juga mengalami peningkatan yang terjadi pada tanggal 31 Oktober 2008 dengan terjadinya transaksi pembelian lahan disebelah selatan area sekolah.






















Gambar : SMKN 2 PACITAN sekarang

Visi


Menjadi lembaga diklat berwawasan lingkungan yang menghasilkan tenaga kerja profesional, berkarakter kebangsaan dan berjiwa wirausaha.

Misi


ü  Mewujudkan lembaga diklat sebagai Sekolah Unggulan
ü  Meningkatkan mutu pelayanan pelanggan melalui pendekatan Sistem Manajemen Mutu
ü  Mengembangkan dan mengintensifkan hubungan sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri
ü  Menumbuhkan karakter kebangsaan dan jiwa wirausaha
ü  Menumbuhkan dan mengembangkan upaya pelestarian lingkungan, pencegahan pencemaran, dan kerusakan lingkungan melalui pembelajaran Pendidikan lingkungan hidup
ü  Mengembangkan dan meningkatkan kehidupan bermasyarakat dan beragama



KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK N 2 PACITAN

1.      KEPERAWATAN
Membidik calon tenaga kesehatan dengan dasar yang mumpuni, menjadikan SMKN 2 Pacitan membuka program keahlian Keperawatan.



2.      AGRIBISNIS PERIKANAN

Program keahlian Agribisnis Perikanan di SMKN 2 Pacitan menjadi program keahlian yang banyak mengirimkan siswanya menjadi mahasiswa hasil seleksi Bidik Misi yang tersebar diberbagai perguruan tinggi.



3.      AKOMODASI PERHOTELAN

Program keahlian Akomodasi Perhotelan manjadi program keahlian keempat yang dimiliki SMKN 2 Pacitan dan berasal dari rumpun Pariwisata.



4.      PEMASARAN

Program keahlian Pemasaran, yang sebelumnya dikenal sebagai Penjualan merupakan satu dari tiga kompetensi rumpun Bisnis Manajemen di SMKN 2 Pacitan.



5.      AKUNTANSI
Akuntansi di SMKN 2 Pacitan, merupakan program keahlian dari rumpun Bisnis Manajemen yang menjadi salah satu program keahlian pertama yang ada pada awal berdirinya SMEAN Pacitan. 



6.      ADMINISTRASI PERKANTORAN

Program keahlian perkantoran (sebelumnya dikenal sebagai Sekretaris) merupakan salah satu program keahlian bisnis manajemen yang menjadi salah satu program keahlian tertua di SMKN 2 Pacitan.
Sekian. Terimakasih. 

Posting Komentar Blogger

 
ke atas